Skip to main content

Mudahnya Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai Pesanan Di Blibli.com


Beberapa minggu yang lalu, aku mengorder mouse logitech M185 dan 2 kartu memori handphone merk sandisk dengan ukuran 8 gb di Blibli.com. 
Dan sebelum aku checkout, kedua pesananku itu sudah aku tuliskan keterangannya dimasing-masing gambar. Jadi, penjualnya akan lebih mudah mengetahui pesanan yang aku inginkan. Setelah itu, aku pun langsung menyelesaikan pembayaran. Setelah pembayaran selesai, tiba-tiba aku mendapat email dari penjualnya. Penjualnya bilang, kalau salah 1 pesananku yaitu memori handphone merk sandisk dengan ukuran 8 gb sudah habis terjual. Jadi, karena tidak ingin membuat aku kecewa, ia menawarkan untuk mengupgrade pesanan kartu memori yang ukuran 8 gb menjadi 16 gb. Awalnya aku ragu untuk menjawab emailnya. Namun, setelah ia terus meyakinkanku bahwa dia benar-benar akan mengupgrade kartu memori tersebut, aku pun membalas emailnya, “Ya, aku bersedia.”
Seminggu berlalu, dan barang pesananku belum juga datang. Aku pun mengirimkan email kepada si penjual. Dengan maksud, ingin menanyakan kenapa barang yang aku order dari seminggu yang lalu belum juga sampai di Medan. Namun, aku tidak menerima email balasan apapun dari si penjual. Aku pun pasrah sembari berdoa agar pesananku sesuai dengan yang aku order. Keesokan harinya, aku dapat whatsapp dari Blibli.com. Isi whatsappnya mengenai barang pesananku yang sudah sampai di lokasi, yaitu dirumahku. Saat itu, aku sedang berada di tempat kerja, jadi yang menerima pesananku itu adalah adikku. Tanpa basa-basi, langsung ku telepon adikku untuk memastikan apakah barang yang kubeli sesuai pesanan.
“Iya, sesuai pesanan,” kata adikku.
“Syukurlah!” ucapku lega.
“Eh, tapi cuma 1 yang sesuai. Gimana nih?”
“Maksudnya?” tanyaku cemas. [Ini ekspresiku waktu itu beneran cemas banget lho]
“Tapi mousenya doang yang sesuai pesananmu. Kalau kartu memorinya gadak disini, yang ada malahan flashdisk sandisk 16 gb.”
“Astaga, gimana bisa aku pesan kartu memori hp yang datang malah flashdisk. Ini seriusan kan?” ucapku lagi memastikan bahwa yang di bilang adikku benar.
“Iya serius!”
Lalu adikku pun menunjukkan buktinya melalui sebuah foto yang dia kirim di whatsapp. Dan ternyata benar, barang yang aku pesan tidak sesuai pesanan.
Awalnya aku panik banget nih, bingung gimana cara mengembalikan barang yang gak sesuai ini. Karena ini adalah pertama kalinya aku menerima produk yang gak sesuai pesanan. Setelah agak lama merenung dan berpikir gimana solusinya, aku pun mengirimkan email kepada si penjual.
Akhirnya, si penjual tersebut membalas emailku. Katanya, 

“Mohon maaf sepertinya ada kesalahan pengiriman dari tim logistik kami. Akan kami lakukan investigasi dahulu kesalahan ada dimana.”
Sejenak aku berpikir, masa iya barang yang salah cuma kartu memorinya doang. Gak logis banget deh! Karena tidak ada solusi dari si penjual, aku pun mencari informasi diinternet mengenai bagaimana cara mengembalikan barang yang tidak sesuai pesanan di Blibli.com. Alhasil, aku berhasil nemuin artikel yang sesuai dengan yang aku cari.
Ternyata, retur produk yang tidak sesuai di Blibli.com itu mudah banget lho! Serius deh, aku jadi makin jatuh cinta sama Blibli.com setelah tahu retur produk itu mudah pake banget. Bukan cuma makin jatuh cinta aja sih, malahan aku jadi pengen berjualan di Blibli.com.
Oh iya, aku mau kasih tahu nih guys, gimana cara retur pesananku yang kemarin gak sesuai tanpa ngeluarin biaya sedikitpun alias gratis! Pertama-tama, kita isi form pengembalian produk dulu di aplikasi Blibli. Lalu, kita akan mendapatkan no.pengembalian yang nantinya harus diprint dan di tempel di luar produk yang sudah dipacking rapi oleh kita sendiri. Selanjutnya, kita bebas memilih, apakah barang pesanan yang ingin kita kembalikan ini dijemput langsung dirumah oleh pihak Blibli [SECARA GRATIS]  atau kita mengirimnya melalui jasa pengiriman lainnya tanpa ada biaya pengiriman. Karena pihak Blibli yang akan mengganti biaya pengirimannya jika kita memilih jasa pengiriman lain tersebut.
Nah, mudah bukan?
Jadi, buat kalian yang baru pertama kali belanja di Blibli.com, gak usah cemas kalau ada pesanan yang tidak sesuai. Karena semua tahap pengembaliannya mudah banget. Kalian bisa baca informasi lebih lanjut mengenai cara retur produk secara lengkap di Blibli.com melalui link dibawah ini :

Selamat berbelanja guys :”)
Borong terus, apalagi yakan?

Comments

  1. Wahh saya salah satu yang suka belanja online. Mantabs juga nih Blibli bisa dibalikkan jika ga pas. Karena blanja online tu sering kali ga pas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Itulah salah satu keuntungan belanja di Blibli. Proses returnya mudah bener. ๐Ÿ˜‰ Gak bikin kita ribet. Cuma butuh waktu 3 hari, urusan retur selesai

      Delete
  2. Nah, begini nih yg harusnya ditiru sama toko offline. Ini gak, blm apa² udah majang "barang yang sudah dibayar tidak dapar dikembalikan lagi". Dari perspektif hukum ini namanya klausula eksonerasi.

    Nice share Kak Julita,, Blibli.com berarti setara memandang buyer n customer. Noted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kk. Jadi sebagai costumer, kita merasa aman jik ada barang yang tidak sesuai. Thankyou buat penilaiannya kak ๐Ÿ˜‰

      Delete
  3. Saya pribadi blom pernah retur pas beli di blibli.
    tapi keren juga ya kalo bisa retur kalo gak sesuai sama yang pesanan kita, apalgi gratis dan gak pake ribet
    keren de blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Gratis dan gak ribet.. Pokoknya belanja di Blibli nyenengin batin deh๐Ÿค—

      Delete
  4. Gratis ongkir ya kan dek, bagus banget.
    Btw, kemarin mau balikin barang belanjaan di Blibli. Penjualnya nakal kayaknya, soalnya dia minta jangan ajukan ke Blibli takut performa turun. Sebenarnya agak kesel sama penjual yang itu.
    Baru ini sih ketemu yang begitu. Yang lain baik baik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau ada masalah jangan mau kalau gak diajukan lewat Blibli mbak. Karena kita gatau apa maksud dan tujuan dari penjual itu.

      Delete
  5. Saya juga ikutan tertarik pengen jualan juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus bikin akun buk. Mudah dan gak ribet. Nnti kalau udh ada lapak, aku beli di akun ibu ya.. ๐Ÿ‘

      Delete
  6. waaaah semudah itu ya. hanya pernah belanja sekali pakai blibli. itu juga barangnya lgsg ada pas acaranya dimulai. keren deh blibli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Apalagi skrg Blibli ada fitur baru tuh. Bisa tukar tambah dengan handphone yg baru. Wuahh keren kan?๐Ÿ‘๐Ÿ˜

      Delete
  7. Ya bener, aku juga pernah belanja di blibli dan ada barang yang diretur karena enggak sesuai. Mudah dan ternyata bisa di retur tanpa ada biaya tambahan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tak Perlu Menunggu Kaya untuk Membahagiakan Ibu Kita

Membuat ibu kita bahagia, hal itu jelas jadi harapan dan impian kita semua. Mungkin kita memang belum jadi anak yang sepenuhnya berbakti dan sempurna di mata ibu kita. Ibu  kita mungkin tak pernah menuntut atau meminta apapun dari kita. Kasih sayang yang ia berikan memang tak pernah kita balas sepenuhnya. Sudah banyak pengorbanan dan hal-hal yang ia lakukan untuk kita. Dan kita sebagai anak, memberi perhatian walau sedikit sudah jadi bentuk bakti kita sendiri. Hari-hari kita memang akan selalu sibuk. Aktivitas yang padat selalu menguras energi dan waktu kita setiap harinya. Tapi kita tak pernah bisa tahu soal rahasia usia dan waktu. Jangan sampai karena kita terlalu sibuk mengurus diri sendiri, jadi lupa dengan ibu kita yang juga makin bertambah usia. Tak bisa kita cuma terus menunggu untuk bisa benar-benar kaya raya baru membahagiakan nya. Bukan kekayaan kita yang diminta oleh Nya, melainkan kasih sayang dan cinta kita yang paling diharapkannya. Melakukan yang terbaik ...

Inilah Yang Akan Terjadi Ketika Anda Berpisah Dengan Sahabat Baik

Memiliki seorang sahabat adalah impian bagi semua orang. Setidaknya, begitulah yang seringkali ku dengar dari mereka. Berbeda dengan teman biasa. Seorang sahabat adalah dia yang benar-benar istimewa, yang sering kali keistimewaannya itu tak kita sadari hingga kita tak pernah tau mana yang benar-benar seorang sahabat, dan mana yang hanya seorang penjilat yang hanya memanfaatkan kita saja. Sahabat adalah ia yang mampu membuat kita merasa nyaman, dan merasa tak sungkan untuk mengekspresikan diri kita, hingga melakukan hal-hal yang konyol. Kita dan sahabat mungkin tak selalu kompak, namun kita sama-sama saling mencoba untuk mengimbangi satu sama lain. Dan sahabat adalah seorang teman terakhir yang masih sudi berada di sebelahmu saat yang lain meninggalkanmu karena kamu sudah tak punya apa-apa lagi. Sering kali, apa yang membuat sahabat pergi adalah karena sikap egois yang ada dalam diri kita. Kadang memang ia tak sepaham denganmu, tak jarang saya sendiri sangat cerewet untuk menaseha...

Menghargai Waktu

Banyak kejadian yang tak ku sangka. Air mata menetes dari matanya. Aku tak tau apakah itu memang salahku. Aku juga tak tahu kenapa itu semua terjadi, hanya dengan hitungan detik saja perasaan bersalah menyelimuti diriku. Entah berawal dari mana kenapa semua ini terjadi. Kau selalu berpikir tentang hari-hari bahagia untukmu,begitu pun aku. Masalahnya adalah, bukan aku bahagiamu. Ini adalah proses. Proses dimana kau akan menjadi dirimu sendiri. Aku mengerti, aku selalu menjadi diri sendiri. Namun siapa yang lebih tahu tentang diriku yang sebenarnya. Ada sebuah waktu atau pun keadaan akan ada saatnya kau bertemu dengan satu orang yang mengubah hidupmu untuk selamanya. Kemudian, satu orang tersebut akan menjadi bagian terbesar dalam agendamu. Dan hatimu takkan memberikan pilihan apa pun. Akan ada saatnya kau ingin melompat mundur pada titik-titik kenangan tertentu. Namun tiada guna, waktu takkan memperlambat gerakan walau sedetik pun. Ia hanya mampu maju, dan terus maju. Dan mau tidak...