Skip to main content

Mudahnya Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai Pesanan Di Blibli.com


Beberapa minggu yang lalu, aku mengorder mouse logitech M185 dan 2 kartu memori handphone merk sandisk dengan ukuran 8 gb di Blibli.com. 
Dan sebelum aku checkout, kedua pesananku itu sudah aku tuliskan keterangannya dimasing-masing gambar. Jadi, penjualnya akan lebih mudah mengetahui pesanan yang aku inginkan. Setelah itu, aku pun langsung menyelesaikan pembayaran. Setelah pembayaran selesai, tiba-tiba aku mendapat email dari penjualnya. Penjualnya bilang, kalau salah 1 pesananku yaitu memori handphone merk sandisk dengan ukuran 8 gb sudah habis terjual. Jadi, karena tidak ingin membuat aku kecewa, ia menawarkan untuk mengupgrade pesanan kartu memori yang ukuran 8 gb menjadi 16 gb. Awalnya aku ragu untuk menjawab emailnya. Namun, setelah ia terus meyakinkanku bahwa dia benar-benar akan mengupgrade kartu memori tersebut, aku pun membalas emailnya, “Ya, aku bersedia.”
Seminggu berlalu, dan barang pesananku belum juga datang. Aku pun mengirimkan email kepada si penjual. Dengan maksud, ingin menanyakan kenapa barang yang aku order dari seminggu yang lalu belum juga sampai di Medan. Namun, aku tidak menerima email balasan apapun dari si penjual. Aku pun pasrah sembari berdoa agar pesananku sesuai dengan yang aku order. Keesokan harinya, aku dapat whatsapp dari Blibli.com. Isi whatsappnya mengenai barang pesananku yang sudah sampai di lokasi, yaitu dirumahku. Saat itu, aku sedang berada di tempat kerja, jadi yang menerima pesananku itu adalah adikku. Tanpa basa-basi, langsung ku telepon adikku untuk memastikan apakah barang yang kubeli sesuai pesanan.
“Iya, sesuai pesanan,” kata adikku.
“Syukurlah!” ucapku lega.
“Eh, tapi cuma 1 yang sesuai. Gimana nih?”
“Maksudnya?” tanyaku cemas. [Ini ekspresiku waktu itu beneran cemas banget lho]
“Tapi mousenya doang yang sesuai pesananmu. Kalau kartu memorinya gadak disini, yang ada malahan flashdisk sandisk 16 gb.”
“Astaga, gimana bisa aku pesan kartu memori hp yang datang malah flashdisk. Ini seriusan kan?” ucapku lagi memastikan bahwa yang di bilang adikku benar.
“Iya serius!”
Lalu adikku pun menunjukkan buktinya melalui sebuah foto yang dia kirim di whatsapp. Dan ternyata benar, barang yang aku pesan tidak sesuai pesanan.
Awalnya aku panik banget nih, bingung gimana cara mengembalikan barang yang gak sesuai ini. Karena ini adalah pertama kalinya aku menerima produk yang gak sesuai pesanan. Setelah agak lama merenung dan berpikir gimana solusinya, aku pun mengirimkan email kepada si penjual.
Akhirnya, si penjual tersebut membalas emailku. Katanya, 

“Mohon maaf sepertinya ada kesalahan pengiriman dari tim logistik kami. Akan kami lakukan investigasi dahulu kesalahan ada dimana.”
Sejenak aku berpikir, masa iya barang yang salah cuma kartu memorinya doang. Gak logis banget deh! Karena tidak ada solusi dari si penjual, aku pun mencari informasi diinternet mengenai bagaimana cara mengembalikan barang yang tidak sesuai pesanan di Blibli.com. Alhasil, aku berhasil nemuin artikel yang sesuai dengan yang aku cari.
Ternyata, retur produk yang tidak sesuai di Blibli.com itu mudah banget lho! Serius deh, aku jadi makin jatuh cinta sama Blibli.com setelah tahu retur produk itu mudah pake banget. Bukan cuma makin jatuh cinta aja sih, malahan aku jadi pengen berjualan di Blibli.com.
Oh iya, aku mau kasih tahu nih guys, gimana cara retur pesananku yang kemarin gak sesuai tanpa ngeluarin biaya sedikitpun alias gratis! Pertama-tama, kita isi form pengembalian produk dulu di aplikasi Blibli. Lalu, kita akan mendapatkan no.pengembalian yang nantinya harus diprint dan di tempel di luar produk yang sudah dipacking rapi oleh kita sendiri. Selanjutnya, kita bebas memilih, apakah barang pesanan yang ingin kita kembalikan ini dijemput langsung dirumah oleh pihak Blibli [SECARA GRATIS]  atau kita mengirimnya melalui jasa pengiriman lainnya tanpa ada biaya pengiriman. Karena pihak Blibli yang akan mengganti biaya pengirimannya jika kita memilih jasa pengiriman lain tersebut.
Nah, mudah bukan?
Jadi, buat kalian yang baru pertama kali belanja di Blibli.com, gak usah cemas kalau ada pesanan yang tidak sesuai. Karena semua tahap pengembaliannya mudah banget. Kalian bisa baca informasi lebih lanjut mengenai cara retur produk secara lengkap di Blibli.com melalui link dibawah ini :

Selamat berbelanja guys :”)
Borong terus, apalagi yakan?

Comments

  1. Wahh saya salah satu yang suka belanja online. Mantabs juga nih Blibli bisa dibalikkan jika ga pas. Karena blanja online tu sering kali ga pas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Itulah salah satu keuntungan belanja di Blibli. Proses returnya mudah bener. πŸ˜‰ Gak bikin kita ribet. Cuma butuh waktu 3 hari, urusan retur selesai

      Delete
  2. Nah, begini nih yg harusnya ditiru sama toko offline. Ini gak, blm apa² udah majang "barang yang sudah dibayar tidak dapar dikembalikan lagi". Dari perspektif hukum ini namanya klausula eksonerasi.

    Nice share Kak Julita,, Blibli.com berarti setara memandang buyer n customer. Noted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kk. Jadi sebagai costumer, kita merasa aman jik ada barang yang tidak sesuai. Thankyou buat penilaiannya kak πŸ˜‰

      Delete
  3. Saya pribadi blom pernah retur pas beli di blibli.
    tapi keren juga ya kalo bisa retur kalo gak sesuai sama yang pesanan kita, apalgi gratis dan gak pake ribet
    keren de blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Gratis dan gak ribet.. Pokoknya belanja di Blibli nyenengin batin dehπŸ€—

      Delete
  4. Gratis ongkir ya kan dek, bagus banget.
    Btw, kemarin mau balikin barang belanjaan di Blibli. Penjualnya nakal kayaknya, soalnya dia minta jangan ajukan ke Blibli takut performa turun. Sebenarnya agak kesel sama penjual yang itu.
    Baru ini sih ketemu yang begitu. Yang lain baik baik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau ada masalah jangan mau kalau gak diajukan lewat Blibli mbak. Karena kita gatau apa maksud dan tujuan dari penjual itu.

      Delete
  5. Saya juga ikutan tertarik pengen jualan juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus bikin akun buk. Mudah dan gak ribet. Nnti kalau udh ada lapak, aku beli di akun ibu ya.. πŸ‘

      Delete
  6. waaaah semudah itu ya. hanya pernah belanja sekali pakai blibli. itu juga barangnya lgsg ada pas acaranya dimulai. keren deh blibli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Apalagi skrg Blibli ada fitur baru tuh. Bisa tukar tambah dengan handphone yg baru. Wuahh keren kan?πŸ‘πŸ˜

      Delete
  7. Ya bener, aku juga pernah belanja di blibli dan ada barang yang diretur karena enggak sesuai. Mudah dan ternyata bisa di retur tanpa ada biaya tambahan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tak Perlu Menunggu Kaya untuk Membahagiakan Ibu Kita

Membuat ibu kita bahagia, hal itu jelas jadi harapan dan impian kita semua. Mungkin kita memang belum jadi anak yang sepenuhnya berbakti dan sempurna di mata ibu kita. Ibu  kita mungkin tak pernah menuntut atau meminta apapun dari kita. Kasih sayang yang ia berikan memang tak pernah kita balas sepenuhnya. Sudah banyak pengorbanan dan hal-hal yang ia lakukan untuk kita. Dan kita sebagai anak, memberi perhatian walau sedikit sudah jadi bentuk bakti kita sendiri. Hari-hari kita memang akan selalu sibuk. Aktivitas yang padat selalu menguras energi dan waktu kita setiap harinya. Tapi kita tak pernah bisa tahu soal rahasia usia dan waktu. Jangan sampai karena kita terlalu sibuk mengurus diri sendiri, jadi lupa dengan ibu kita yang juga makin bertambah usia. Tak bisa kita cuma terus menunggu untuk bisa benar-benar kaya raya baru membahagiakan nya. Bukan kekayaan kita yang diminta oleh Nya, melainkan kasih sayang dan cinta kita yang paling diharapkannya. Melakukan yang terbaik di h

Tak Ada Website, Bisnismu Tidak Akan Pernah Bisa Sukses

Di jaman sekarang, untuk mengelola bisnis secara online, kita harus butuh yang namanya website. Mengapa? Karena persaingan didalam bisnis online sudah semakin ketat dan kita sebagai para pemilik bisnis online, tidak mau kan sampai usaha kita harus bangkrut karena kalah dalam persaingan tersebut. Nah, dengan adanya website, para pemilik bisnis online bisa memberikan informasi secara keseluruhan mengenai sesuatu yang ditawarkan, harganya hingga cara pembayarannya dengan cepat dan mudah. Dan juga website dapat membantu para pemilik bisnis online untuk berkomunikasi dengan mudah kepada konsumen walaupun dari jarak yang jauh. Contohnya seperti bisnis online, tempat saya bekerja saat ini, yakni lembaga pelatihan teknik. Lembaga pelatihan teknik ini telah berdiri sejak tahun 2012 dan telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan bagi mahasiswa dan juga kaum profesional. Adapun paket pelatihan yang di sediakan adalah sebagai berikut : 1.       AutoCAD 2.       Rencana Anggaran Biaya

Cara Ampuh Menghadapi Lonjakan Pesanan Di Harbolnas Blibli.com [Seller Wajib Baca]

Cara Ampuh Menghadapi Lonjakan Pesanan Di Harbolnas Blibli.com [Reseller Wajib Baca] Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ialah perayaan belanja online terbesar di Indonesia yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Desember. Meskipun acara ini lebih sering dikaitkan dengan para pemain besar di bidang e-commerce, inilah waktu yang tepat bagi  online shop  untuk bergabung dan menawarkan diskon menarik bagi para pelanggan baru maupun pelanggan yang selalu setia. Harbolnas adalah momen yang sangat penting untuk kamu yang menjual berbagai produk di online shop. Jadi, sebelum Harbolnas tiba, buat kamu yang menjadi penjual tetap di aplikasi online shop seperti Blibli.com contohnya, kamu harus bisa mempersiapkan cara agar nantinya kamu tidak kehilangan pelanggan karena karena ulah kamu yang kerjanya lamban dalam menangani pelanggan.  Nah, dibawah ini, saya sudah persiapkan cara ampuh dalam menghadapi lonjakan pesanan di Harbolnas Blibli.com. Disimak semuanya ya, jangan ada yan