Skip to main content

Mari Menjaga Hutan, Demi Kesejahteraan Sumber Pangan Manusia.

Setiap tahun, pada awal bulan Januari tepatnya, saya dan keluarga selalu berkunjung ke Kabanjahe, Tanah Karo. Tujuan kami sekeluarga pergi kesana, ingin menikmati suasana Taman Hutan Raya (TAHURA) bersama saudara kami yang tinggal di Kabanjahe.
Ya, hanya sekali setahunlah kami bisa berkunjung ke Tahura ini. Setiap pergi ke Tahura, kami selalu senang bisa menghabiskan waktu seharian di sana. Terlebih, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Tapi, Januari 2020 kemarin, ketika saya dan keluarga datang lagi ke Tahura, tempat ini sangat sepi pengunjung. Orang-orang yang ada di sekitaran Tahura, bisa saya hitung jumlahnya dengan hitungan jari. 
Melihat situasi ini, saya cukup sedih dengan kondisi Tahura yang sangat tidak terurus. Sampah bertebaran di setiap pokok kayu, tempat duduk yang ada di Tahura tersebut pun sangat kotor, banyak ranting yang jatuh berserakan.
https://nonikhairani.com/2015/05/08/jalan-jalan-di-hutan/amp/Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi Kalau bukan dihutan udah pengen banget bawa kayu-kayu ini pulang kerumah aja

Andai saja, Tahura bisa kembali kondisinya seperti yang dulu. Saya yakin, tempat ini akan kembali ramai pengunjungnya. Semoga saja, Dinas Kehutanan memberikan perhatiannya kepada Tahura, salah 1 objek wisata yang sudah lama ada di Tanah Karo.
Dengan merawat, menjaga dan selalu memperbaiki tempat ini menjadi lebih baik, maka kehidupan flora dan fauna yang ada dihutan ini pun tidak akan terancam kepunahannya. Karena, jika populasi flora dan fauna semakin hari semakin sedikit, dan akhirnya hilang sama sekali, kita juga yang akan repot nantinya.
Bayangkan saja, kita tidak dapat lagi menikmati segarnya buah-buahan yang dipetik langsung dari pohonnya, dan kita akan sulit untuk makan daging hewan yang dulunya selalu mudah didapatkan. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama menjaga hutan yang ada di Indonesia, agar kita bisa terus menikmati makanan dari hutan, seperti beras yang menjadi sumber makanan pokok penduduk Indonesia. Lalu, ada daging hewan yang rasanya lezat, yakni daging sapi kesukaan saya. 
Kenapa saya sangat menyukai daging sapi dan bukannya daging ayam, seperti kesukaan orang kebanyakan?
Jawaban saya sangat panjang, tapi gak akan ngebosenin kok! Saya suka daging sapi karena sumber proteinnya lengkap, dan mampu membantu mengurangi rasa lelah yang selalu saya rasakan ketika baru 20 menit berolahraga.



Nah, buat kalian yang dulunya selalu suka makan daging ayam, yuk mulai sekarang beralih ke daging sapi. Kenapa harus beralih ke daging sapi? Kalian harus tahu, bahwa daging sapi memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, yaitu dapat menurunkan risiko diabetes dan juga mampu menjaga berat tubuh agar tetap ideal lho!
So, jangan lupa makan daging sapi, sayur serta buah-buahan agar tubuh terus sehat. Dan tentunya sumber pangan tersebut semuanya berasal dari Hutan. Maka jagalah hutan agar tetap ada dan sumber pangan kita bisa terpenuhi setiap harinya. Seperti yang dilakukan oleh organisasi WALHI, dimana mereka membentuk organisasi ini dengan memiliki tujuan untuk selalu menjaga kelestarian hutan yang ada di Indonesia dan menyelamatkan lingkungan hidup Indonesia yang saat ini sudah semakin tidak diperdulikan lagi oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Sebelumnya, apakah kalian sudah mengenal WALHI
Apa itu WALHI?
WALHI adalah organisasi publik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, seperti pencemaran air, pencemaran udara, penebangan liar, dan penggundulan hutan. Dan mereka akan terus melakukan perbaikan terhadap lingkungan yang sudah dirusak.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog competition kolaborasi WALHI dengan Blogger Perempuan

sumber foto : 

Comments

  1. betul ini.. jangan sampai bablas menebangi hutan secara liar hehe

    ReplyDelete

Post a Comment