Skip to main content

Mari Menjaga Hutan, Demi Kesejahteraan Sumber Pangan Manusia.

Setiap tahun, pada awal bulan Januari tepatnya, saya dan keluarga selalu berkunjung ke Kabanjahe, Tanah Karo. Tujuan kami sekeluarga pergi kesana, ingin menikmati suasana Taman Hutan Raya (TAHURA) bersama saudara kami yang tinggal di Kabanjahe.
Ya, hanya sekali setahunlah kami bisa berkunjung ke Tahura ini. Setiap pergi ke Tahura, kami selalu senang bisa menghabiskan waktu seharian di sana. Terlebih, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Tapi, Januari 2020 kemarin, ketika saya dan keluarga datang lagi ke Tahura, tempat ini sangat sepi pengunjung. Orang-orang yang ada di sekitaran Tahura, bisa saya hitung jumlahnya dengan hitungan jari. 
Melihat situasi ini, saya cukup sedih dengan kondisi Tahura yang sangat tidak terurus. Sampah bertebaran di setiap pokok kayu, tempat duduk yang ada di Tahura tersebut pun sangat kotor, banyak ranting yang jatuh berserakan.
https://nonikhairani.com/2015/05/08/jalan-jalan-di-hutan/amp/Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi Kalau bukan dihutan udah pengen banget bawa kayu-kayu ini pulang kerumah aja

Andai saja, Tahura bisa kembali kondisinya seperti yang dulu. Saya yakin, tempat ini akan kembali ramai pengunjungnya. Semoga saja, Dinas Kehutanan memberikan perhatiannya kepada Tahura, salah 1 objek wisata yang sudah lama ada di Tanah Karo.
Dengan merawat, menjaga dan selalu memperbaiki tempat ini menjadi lebih baik, maka kehidupan flora dan fauna yang ada dihutan ini pun tidak akan terancam kepunahannya. Karena, jika populasi flora dan fauna semakin hari semakin sedikit, dan akhirnya hilang sama sekali, kita juga yang akan repot nantinya.
Bayangkan saja, kita tidak dapat lagi menikmati segarnya buah-buahan yang dipetik langsung dari pohonnya, dan kita akan sulit untuk makan daging hewan yang dulunya selalu mudah didapatkan. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama menjaga hutan yang ada di Indonesia, agar kita bisa terus menikmati makanan dari hutan, seperti beras yang menjadi sumber makanan pokok penduduk Indonesia. Lalu, ada daging hewan yang rasanya lezat, yakni daging sapi kesukaan saya. 
Kenapa saya sangat menyukai daging sapi dan bukannya daging ayam, seperti kesukaan orang kebanyakan?
Jawaban saya sangat panjang, tapi gak akan ngebosenin kok! Saya suka daging sapi karena sumber proteinnya lengkap, dan mampu membantu mengurangi rasa lelah yang selalu saya rasakan ketika baru 20 menit berolahraga.



Nah, buat kalian yang dulunya selalu suka makan daging ayam, yuk mulai sekarang beralih ke daging sapi. Kenapa harus beralih ke daging sapi? Kalian harus tahu, bahwa daging sapi memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, yaitu dapat menurunkan risiko diabetes dan juga mampu menjaga berat tubuh agar tetap ideal lho!
So, jangan lupa makan daging sapi, sayur serta buah-buahan agar tubuh terus sehat. Dan tentunya sumber pangan tersebut semuanya berasal dari Hutan. Maka jagalah hutan agar tetap ada dan sumber pangan kita bisa terpenuhi setiap harinya. Seperti yang dilakukan oleh organisasi WALHI, dimana mereka membentuk organisasi ini dengan memiliki tujuan untuk selalu menjaga kelestarian hutan yang ada di Indonesia dan menyelamatkan lingkungan hidup Indonesia yang saat ini sudah semakin tidak diperdulikan lagi oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Sebelumnya, apakah kalian sudah mengenal WALHI
Apa itu WALHI?
WALHI adalah organisasi publik yang berhubungan dengan lingkungan hidup, seperti pencemaran air, pencemaran udara, penebangan liar, dan penggundulan hutan. Dan mereka akan terus melakukan perbaikan terhadap lingkungan yang sudah dirusak.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog competition kolaborasi WALHI dengan Blogger Perempuan

sumber foto : 

Comments

  1. betul ini.. jangan sampai bablas menebangi hutan secara liar hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tak Ada Website, Bisnismu Tidak Akan Pernah Bisa Sukses

Di jaman sekarang, untuk mengelola bisnis secara online, kita harus butuh yang namanya website. Mengapa? Karena persaingan didalam bisnis online sudah semakin ketat dan kita sebagai para pemilik bisnis online, tidak mau kan sampai usaha kita harus bangkrut karena kalah dalam persaingan tersebut. Nah, dengan adanya website, para pemilik bisnis online bisa memberikan informasi secara keseluruhan mengenai sesuatu yang ditawarkan, harganya hingga cara pembayarannya dengan cepat dan mudah. Dan juga website dapat membantu para pemilik bisnis online untuk berkomunikasi dengan mudah kepada konsumen walaupun dari jarak yang jauh. Contohnya seperti bisnis online, tempat saya bekerja saat ini, yakni lembaga pelatihan teknik. Lembaga pelatihan teknik ini telah berdiri sejak tahun 2012 dan telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan bagi mahasiswa dan juga kaum profesional. Adapun paket pelatihan yang di sediakan adalah sebagai berikut : 1.       AutoCAD 2.       Rencana Anggaran Biaya

Duh, Senangnya Bertransaksi Dengan QR Standar Buatan BI (BANK INDONESIA)

#Transaksi Lancar Pakai QR Standar Di zaman modern ini, semua hal yang kita butuhkan menjadi serba mudah dan cepat. Mulai dari belanja barang kebutuhan rumah, belanja barang yang diinginkan, makan makanan yang ada di café atau restoran mana saja, dan bahkan bertransaksi kini lebih mudah dengan adanya QR Code. Namun, QR Code yang sudah sering digunakan oleh para pengguna aplikasi dompet digital seperti DANA misalnya, dinilai masih kurang optimal. Hal ini dikarenakan, setiap transaksi pembayaran yang menggunakan aplikasi DANA hanya bisa dilakukan di merchant-merchant tertentu yang sudah bekerjasama dengan DANA. Bisa dibilang, jika kita sedang singgah di café dan lupa membawa dompet, lalu kita ingin membayar tagihan makanan dengan aplikasi DANA, namun ternyata café tersebut belum bekerjasama dengan DANA, maka tagihan makanan kita pun dengan sangat berberat hati harus dibayarkan menggunakan sistem pembayaran tunai. Padahal saldo kita di DANA banyak banget, tapi sama aja gak bisa di

Yuk, Daftar Jadi Mitra Bukalapak Dan Nikmati Berbagai Keuntungan Yang Tak Terhingga

            Dijaman canggih seperti sekarang ini, siapa sih yang gak mau untung? Apalagi untungnya bisa mencapai ratusan juta rupiah dan bahkan hingga tak terhingga. Wah-wah, pastinya pada kepengen kan? Kita bisa beli mobil baru, rumah baru, handphone keluaran terbaru, sepatu baru, baju baru dan bahkan pasangan baru. Eits, cuma becanda kok hehehe... Tapi, sebelum semua keinginan kita dapat tercapai, pastinya kita harus kerja keras dong ya? Pergi pagi, pulang malam. Ya begitulah yang akan kita lakukan untuk bisa mewujudkan semua keinginan yang sudah lama kita impikan. Dan setelah bekerja keras cukup lama, apa sudah ada 1 keinginan kita yang tercapai? Ya tentunya sudah ada dong! Namun, kita hanya bisa mencapai 1 saja? Enggak 2 atau lebih? Yah, mau sampai kapan kita bekerja keras seperti itu guys. Kasihani diri sendiri plis!!! Bisa-bisa sampai umur sudah tua pun kamu masih terus bekerja keras karena belum bisa mencapai itu semua. Nah, daripada galau lagi mikirin masa depan kita giman