Skip to main content

Jangan Sampai, Budaya Literasi Memudar Dari Kehidupanmu


            Di zaman modern ini, kecanggihan teknologi sudah membuat budaya literasi semakin rendah peminatnya. Dimana, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Contoh sederhananya, bisa dilihat dari lingkungan keluarga. Di lingkungan keluarga, kita memiliki sifat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Baik sifat dari ayah dan ibu, maupun sifat abang/kakak dan adik. Dan masing-masing dari anggota keluarga, juga memiliki peran yang berbeda.
·         Ayah, sebagai pemimpin keluarga, pastinya akan selalu bertanggungjawab dalam memberi nafkah anggota keluarganya.
·         Sedangkan ibu, berperan sebagai pendamping suami sekaligus ibu bagi anak-anak.
·         Dan yang terakhir, adalah anak. Peran anak adalah taat kepada orangtua.
Begitulah peran yang akan berjalan seterusnya dan tidak akan pernah berubah.
Namun, seiring berjalannya waktu, peran tersebut kian memudar sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh :
v  Ada seorang ibu yang memiliki pekerjaan di luar rumah. Karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, si ibu kurang memperhatikan anaknya. Padahal, anaknya memiliki kecerdasan yang luar biasa di sekolah. Dan hal ini, tentunya bisa membuat sang anak berubah drastis menjadi anak yang pemalas.
v  Jika anak jarang diperhatikan oleh orangtuanya ketika anak sedang berada di rumah, biasanya sang anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan televisi daripada membaca buku bacaan. Dan hal tersebut, bisa membuat sang anak tumbuh menjadi materialis. Dimana, seorang anak yang merasa hidupnya tidak bahagia, akan sangat rentan terhadap iklan yang muncul di layar televisi. Dan itu, akan mempengaruhi hidupnya ketika sudah dewasa.
Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi di dalam kehidupan kita, ada baiknya keluarga dan masyarakat tentunya ikut berperan dalam menumbuhkan budaya literasi. Karena sesungguhnya, budaya literasi bisa membantu kita untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Contohnya :
1.      Jika kita sering membaca kitab suci dan menerapkan ajaran agama yang ada di dalamnya, kita akan mempunyai sikap toleransi dan bertingkah laku baik terhadap siapapun.
2.      Ketika kita membiasakan diri untuk membaca setiap harinya, kita tidak akan mudah dibodohi oleh seseorang.

Sebagai contoh :
·         Ada seorang temanmu yang mengirim pesan di grup whatsapp. Isi pesan tersebut adalah kabar yang tidak benar (hoax) mengenai sesuatu hal yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat. Mungkin, bagi sebagian temanmu yang kurang membaca atau bahkan jarang sekali membaca, pastinya dia akan terpengaruh oleh berita tersebut. Beda halnya, dengan kamu yang suka membaca. Kamu tidak akan mudah termakan berita hoax tersebut. Karena kamu, sudah memiliki wawasan yang luas.
Jadi, budaya literasi itu penting sekali dalam kehidupan kita. Selain menambah wawasan, tentunya kita bisa menghasilkan suatu karya. Karya yang bisa bermanfaat untuk banyak orang.

#SahabatKeluarga
#LiterasiKeluarga

Comments

Popular posts from this blog

Tak Perlu Menunggu Kaya untuk Membahagiakan Ibu Kita

Membuat ibu kita bahagia, hal itu jelas jadi harapan dan impian kita semua. Mungkin kita memang belum jadi anak yang sepenuhnya berbakti dan sempurna di mata ibu kita. Ibu  kita mungkin tak pernah menuntut atau meminta apapun dari kita. Kasih sayang yang ia berikan memang tak pernah kita balas sepenuhnya. Sudah banyak pengorbanan dan hal-hal yang ia lakukan untuk kita. Dan kita sebagai anak, memberi perhatian walau sedikit sudah jadi bentuk bakti kita sendiri. Hari-hari kita memang akan selalu sibuk. Aktivitas yang padat selalu menguras energi dan waktu kita setiap harinya. Tapi kita tak pernah bisa tahu soal rahasia usia dan waktu. Jangan sampai karena kita terlalu sibuk mengurus diri sendiri, jadi lupa dengan ibu kita yang juga makin bertambah usia. Tak bisa kita cuma terus menunggu untuk bisa benar-benar kaya raya baru membahagiakan nya. Bukan kekayaan kita yang diminta oleh Nya, melainkan kasih sayang dan cinta kita yang paling diharapkannya. Melakukan yang terbaik di h

Yoforia Yogurt Drink; Minuman Yogurt Sehat, Murah Dan Dapat Dikonsumsi Setiap Hari

Yoforia Yogurt Drink adalah fresh yogurt yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya pencernaan. Dimana, Yoforia Yogurt ini memiliki live probiotics dan tidak melalui proses apapun setelah menjadi yogurt seperti pemanasan atau UHT, sehingga bakterinya tetap hidup dan manfaatnya terjaga.      Selain itu, Yoforia Yogurt juga mengandung dietary fiber dari buah jeruk alami, sehingga teksturnya lebih lembut dan cocok untuk diet. Nah, sebagai orang yang sering mengalami gangguan pencernaan, aku selalu rutin untuk mengonsumsi yogurt. Dan pilihan yogurt favoritku adalah Yoforia Yogurt Drink. Alasanku memilih yogurt drink ini karena kemasannya praktis, bisa dibawa kemana aja serta pilihan rasanya banyak dan unik, seperti : 1.       Yoforia Authentique 2.       Yoforia Berry Smooth 3.       Yoforia Soursop Bliss 4.       Yoforia Blueberry Good 5.       Yoforia Peach Delight 6.       Yoforia Coffee Cream Diantara 6 pilihan rasa yang ada, yang menjadi favoritku

Mau Kaya Di Usia Muda? Aplikasi Ajaib Solusinya

Bicara soal kaya, semua orang pasti menginginkannya dan akan berusaha mencapainya. Namun terkadang, kekayaan itu tidak hanya bisa dicari dengan cara bekerja keras saja. Karena jika kita terus bekerja keras hanya untuk bisa menjadi kaya, malahan kita akan menimbulkan suatu masalah dalam hidup kita, yakni dengan datangnya penyakit. Penyakit yang datang kerap kali membuat keuangan kita semakin menipis. Tak hanya keuangan saja yang lenyap, namun pekerjaan kita juga bisa lenyap seketika. Mengapa? Apakah tidak bisa izin untuk beberapa hari? Ya, kita bisa saja izin ke atasan untuk beberapa hari, tapi misalkan penyakit kita tak sembuh hanya dengan beberapa hari, lalu siapakah yang siap menggantikan posisi kita dengan jangka waktu yang tak bisa dipastikan. Ya pastinya atasan akan bertindak dong. Dan tindakannya yaitu dengan memecat kamu. Iya kamu, yang katanya sakit sebentar eh ternyata lama. Yang katanya izin untuk beberapa hari, eh ternyata berbulan-bulan. Kan perusahaan bisa rugi dong, k